Permainan Jinjit atau engkle
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kls / Semester : 6 /2
Waktu : 2 x 35
1. Standar Kompetensi : 2.Berbicara
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dam informasi dengan berpidato melaporkan isi buku dan bacaan buku
2. Kompetensi Dasar : 6.1
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan. Perayaan ulang tahun, ddl) dengan lafal, intonasi dan sikap yang tepat.
.
3. Indikator
· Menjelaskan pengertian pidato dan bagian-bagian dari pidato.
· Berpidato tanpa teks pada acara perpisahan, ulang tahun dan lain-lain dengan lafal , intonasit dan sikap yang tepat.
4. Tujuan pembelajaran
· Siswa dapat mengerti mengenai pidato dan bagiaan-bagian pidato
· Siswa dapat berpidato tanpa teks pada acara perpisahan deng lafal, intonasi dan sikap yang tepat.
5. Materi pokok
Pidato adalah penyampaian uraian secara lisan tentang suatu hal di depan umum. Naskah pidato terdiri atas tiga bagian: pembuka, isi dan penutup.
Bagian pembuka merupakan ucapan awal pidato, biasanya berupa salam dan ucapan terimakasih. Bagian isi berisiskan sesuatu yang hendak disampaikan. Bagian penutup berisiskan kesimpulan isi pidato dan salam penutup.
Salah satu teks pidato
Asalammualaikum wr.wb.
Salam sejahtera untuk kita semua.
Yang terhormat bapak kepala sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai. Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena karunian-NYA, hari inikita dapat berkumpul bersama.
Pada hadirin yang saya hormati,
Izinkan saya mewakili teman-teman menyampaikan kesan selama enam tahun kami bersekolah di sini. Selama berada di sini, Bapak dan Ibu Guru telah membimbing kami dengan penuh kesabaran. Kami tidak hanya diajarkan ilmu pengetahuan, tetapi juga keterampilan dan budi pekerti. Mudah-mudahan semua itu dapat menjadikan bekal kami dalam menghadapi kehidupan dimasa akan datang
Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati
Pada kesempatan ini pula. Kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga. Kami menyadari bahwa selama ini telah banyak melakukan kesalahan. Untuk itu, kami homon maaf sebesar-besarnya
Adik-adik yang saya cintai,
Saya berpesan, belajarlah dengan rajin. Patuhilah nasihat Bapak dan Ibu Guru. Semua itu adalah untuk kebaikan kalian sendiri.
Hadirin sekalian,
Demikian pidato perpisahan kami. Kami mohon pamit dan doa restu. Mudah-mudahan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kami dapat menjadi lebih baik .
Sekian dan terimakasih
Wassalammualaikum wr.wb
6. Metode dan model
· Ceramah
· Pemodelan
· Demontrasi
· Tanya jawab
· Penugasan
7. Sumber dan media
· Kertas HVS berwarna 7 lembar
· Spidol
· Amplop
· Sumber : Bina Bahasa Indonesia 2006 KTSP untuk Sekolah Dasar kelas VI Semester 2
8. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mengucapkan salam
· Guru menyuruh siswa untuk berdoa
· Guru mengabsen siswa
· Guru mengkondisikan siswa kearah pembelajaran kondusif
· Guru mengadakan apersepsi mengenai materi pembelajaran
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan inti (60 menit)
· Guru menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian pidato dan bagian-bagian pidato.
· Setelah itu guru memberikan contoh bagaimana cara berpidato agar lafal, intonasi dan sikap yang tepat dalam menyampaikan pidato tersebut.
· Kemudia guru meberikan contoh-contoh pidato untuk dipahami oleh siswa mengenai bagian-bagian pidato tersebut.
· Guru mempersilahkan kepada siswa untuk bertanya apabila kurang mengerti mengenai materi pidato.
· Kemudian guru membagi siswa ke dalam kelompok masing-masing kelompok berjumlah 4 orang.
· Guru menyiapkan alat-alat untuk melakukan permainan, permainan yang dipilih yaitu jingkit atau istilah bahasa sundanya engke permainan trasional dari jawa barat.
· Guru membuat pola jinjit atau engkle dari kertas hvs tersebut, dan di belakang hvs telah dibuat soal mengenai materi pidato di antaranya buatlah bagian pidato yang menyatakan isi pidato dan lain-lain.
· Setelah guru selesai menyiapkan permainan, kemudian guru menjelaskan cara permainan tersebut dan aturanya.
· kemudia guru menanyakan kelompok mana yang mau tampil duluan.
· Seteleh itu murid memilih amplop yang dimana apmlop tersebut berisikian angka, setelah itu siswa melakukan jingkit untuk mencapai angka tersebut yang terdapat di kertas hvs.
· Setelah itu di belakang kertas hvs terdapat pertanyaan yang harus di jawab atau dipersentasikan oleh siswa tersebut
· Setelah siswa mendapatkan pertanyaan siswa dapat berdiskusi kepada kelompoknya dengan diberi batasan waktu untuk berdiskusi.
· Apabila siswa telah siap maka sisiwa tersebut mempersentasikan jawabnya, apbila siswa yang pertama tidak bisa maka dapat menggantinya dengan siwa yang lain dari kelompoknya.
c. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru dan murid bersama-sama menyimpulkan pembelajaran
· Guru memberiakn tugas kepada siswa.
· Guru memberikan salam.
9. Penilaian
· Prosedur penilaian : Post Test
· Jenis penilaian : Perbuatan/ performance
· Bentuk penilaian : Format Penilaian
· Alat penilaian : Lembar Penilaian
Soal
1. Buatlah bagian dari isi pidato yang berjudul jagalah kebersihan
2. Buatlah bagian pembuka dari pidato yang berjudul memperingati hari maulid nabi.
3. Buatlah bagian penutup dari pidato yang berjudul perpisahan kelas 6
4. Sebutkan bagian-bagian pidato? Dan pilihlah bagian dari pidato tersebut kemudian buatlah pidatonya.
5. Saya selaku ketua panitia pelaksanaa HUT ke 10, mengucapkan terimaksih atas kehadiran Bapak, Ibu, dan para undangan sekalian. Tak lupa saya mohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam acara ini.
Acara ini terselenggara atas dukungan dari semua pihak, terutama dari Kepala sekolah, Dewan Guru,orang tua murid dan murid-murid SD pelita sendiri. saya ucapkan terimakasih.
Bacalah isi pidato tersebut kemudian buat bagian penutup dari pidato tersebut.
6. Buatlah pidato yang bertemakan hari pahlawan
7. Perhatikan pidato dibawah ini kemudian butlah isi pidato tersebut menggunkan bahasa sendir
Asalammualaikum wr.wb.
Salam sejahtera untuk kita semua
Yang terhormat Bapak kepala Sekolah
Yang tehormat Bapak dan Ibu Guru.
Yang saya sayangi teman-teman.
Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa. Atas izinya-lah, kita dapat berkumpul pada hari ini untuk merayakan Hari Kartini.
Buatlah isi pidato menurut bahasa mu sendiri...
FORMAT PENGAMATAN
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor | ||||||||
Lafal | Intonasi | Sikap | |||||||||
3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | 3 | 2 | 1 | |||
Deskriptor :
1. Lafal : Skor 3 jika siswa berbicara dengan lafal yang jelas dan jelas
Skor 2 jika siswa berbicara dengan lafal jelasa atau benar
Skor 1 jika siswa berbicara dengan lafal yang kurang jelas dan tidak tepat.
2. Intonasi :Skor 3 jika siswa berintonasi tepat dan sempurna
Skor 2 jika siswa berintonasi sedikit kesalahan minimal 3 kali kesalahan
Skor 1 terdapat banyak kesalahan lebih dari 3 kali
Skor 2 jika siswa sikap tubuhnya kurang sesuai dengan isi pidato
Skor 1 jika sikapnya tidak sesuai dengan isi pidato.
Nilai Akhir = Skor Perolehan x 100
9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar